Rabu, 01 Januari 2014

Pengertian Belajar Menurut para Ahli

Belajar dewasa ini defenisinya dikonotasikan dengan perubahan tingkah laku (change in behavior). Jika kita membaca buku-buku pendidikan, kita akan menemukan banyak sekali defenisi atau pengertian belajar yang dikemukakan oleh para Ahli. Secara umum, pengertian belajar adalah suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia, dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk  peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir, dan kemampuan lainnya.

Pengertian Belajar
W.S Winkel (1989:6) memberikan pengertian belajar sebagai bentuk perubahan diri seseorang yang dinyakatan dalam cara-cara bertingkah laku yang baru, akibat pengalaman dan latihan. Sejalan dengan pengertian itu, Cronbach (1954:45) mengemukakan bahwalearning is shown by a change in behavior as result of experience. Sartain (1973: 240)mengemukakan pengertian belajar sebagai "The process by which a relativity enduring change in behavior occurs a result of experience practice. Belajar merupakan proses perubahan tingkah laku yang relatif tahan lama sebagai hasil dari pengalaman.

Pengertian belajar lainnya dikemukakan oleh Whiterington (M. Buchori, 1983:3);Belajar adalah suatu proses perubahan dalam kepribadian sebagaimana dimanisfestasikan dalam perubahan penguasaan pola-pola respon tingkah laku yang baru nyata dalam perubahan keterampilan, kebiasaan, kesanggupan, dan sikap. Surya (1985:23)mendefenisikan belajar sebagai suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Sejalan dengan itu, Reber mendefenisikan belajar yaitu Pertama, belajar adalah the process of knowledge, yakni proses memperoleh pengetahuan, Kedua belajar adalah A relatively permanent change in respons potentiality which occurs as result of reinforced practise, yaitu suatu perubahan kemampuan bereaksi yang relatif langgeng sebagai hasil latihan yang diperkuat.

Berdasarkan beberapa pengertian belajar menurut ahli di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa belajar pada hakikatnya merupakan suatu usaha. suatu proses perubahan tingkah laku yang terjadi pada diri individu sebagai hasil pengalaman atau hasil interaksinya dengan lingkungannya. Perubahan hasil belajar ini hanya berkaitan dengan penambahan kecakapan, keterampilan, sikap, pengertian, harga diri, minat, watak, penyesuaian diri. Akan tetapi juga berhubungan dengan perubahan pola-pola respon dari seluruh aspek-aspek kepribadian seseorang yang telah melakukan aktivitas belajar.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

<data:blog.pageTitle/>

This Page

has moved to a new address:

https://baitzweb.site

Sorry for the inconvenienceā€¦

Redirection provided by Blogger to WordPress Migration Service