Minggu, 20 Oktober 2013

Melindungi Data Dari Kejahatan Dunia Maya


Tak bisa dipungkiri, pengguna perangkat mobile, komputer, dan  internet, rentan terhadap kejahatan cyber. Karena itu, pengguna diharapkan untuk selalu waspada terhadap berbagai ancaman cyber.

Menurut data Norton Report 2013, kerugian karena kejahatan cyber meningkatdari tahun lalu.  Tercatat, rata-rata per korban mengalami peningkatan kerugian sebesar 50 persen, dari USD197 pada 2012 menjadi USD298 pada tahun ini.
Untuk membantu pengguna terhindari dari kejahatan cyber, kami memberikan sejumlah tips untuk melindungi informasi penting. Berikut tujuh tips dalam melindungi informasi dari kejahatan cyber:

1.Lindungi data: Rangkaian perlindungan yang komprehensif memberikan perlindungan kuat terhadap ancaman di dunia online. Salah satu solusi keamanan yang bisa digunakan untuk melindungi PC, smartphone, dan tablet yaitu Norton 360 Muli-Device.

2.Perlakukan perangkat mobile seperti komputer mini: Perangkat mobile adalah target yang paling cepat tumbuh bagi para penjahat cyber. Pastikan perangkat mobile menggunakan password dan lakukan tindakan preventif untuk memastikan perangkat aman dari dari pencurian, kehilangan, dan kejahatan cyber.

3.Waspadai layanan cloud: Walaupun solusi penyimpanan berbasis komputerasi awan memudahkan penyimpanan dan berbagai file, solusi ini juga membuka kesempatan untuk serangan virus. Hati-hati dengan orang lain yang biasa mengakses data Anda, serta jika memungkinkan sebaiknya gunakan solusi yang sudah dilengkapi dengan sistem keamanan.

4.Lakukan transaksi penting dengan koneksi yang aman: Jaringan tidak berbayar dan jaringan WiFi yang tidak aman memudahkan pencuri untuk melihat kegiatan Anda secara diam-diam. Hindari melakukan transaksi penting seperti transaksi perbankan atau berbelanja ketika sedang terhubung dengan jaringan tersebut, atau gunakan klien VPN personal.

5.Setelah terkoneksi, lakukan pemeriksaan ulang: Cek statement kartu kredit dan bank secara teratur untuk melihat apabila ada transaksi mencurigakan atau penipuan, lalu laporkan aktivitas mencurigakan kepada provider dan pihak berwajib.

6.Gunakan password yang kuat: buatlah password rumit yang terdiri dari kombinasi huruf kecil, kapital, angka, dan simbol. Selain itu, ganti password secara berkala.

Anda dapat menggunakan pengelola password gratis seperti Norton Identity Safe, untuk mengurangi kerumitan dalam mengingat password, sekaligus menjagat keamanan informasi personal.

7.Amankan jejaring sosial: Jangan asal meng-klik tautan yang ada di jejaring sosial dan hindari berbagai konten kurang terpercaya, yang terlihat sensasional dengan judul atraktif.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

<data:blog.pageTitle/>

This Page

has moved to a new address:

https://baitzweb.site

Sorry for the inconvenienceā€¦

Redirection provided by Blogger to WordPress Migration Service